Ayam Panggang Bangi : Pedasnya Spektakuler

Dari mertua saya, saya direkomendasikan untuk mencoba makan di ayam panggang bangi. Tempatnya cukup jauh dan masuk ke daerah pedesaan. Ke arah lokasi, kami harus pergi dari daerah Kediri ke arah Kertosono. Sebagai orang yang hobi dengan cicip-mencicipi makanan, menurut saya resto ini patut untuk dicoba sebelum saya balik lagi ke Bandung. Sehari sebelum pulang ke Bandung, saya pun menyempatkan diri ke Ayam Panggang Bangi. Tempatnya memang benar-benar cukup jauh. Masuk ke daerah persawahan. Kata mertua saya, resto ini laris manis kembang kimpul. Begitulah dunia kuliner, meskipun tempatnya jauh dan warungnya nggak mewah, kalau enak pasti dicari orang.

Perjalanan dari rumah ke lokasi resto cukup lama. Sekitar 20-30 menit. Akhirnya, kami sampai di lokasi. Tempatnya sederhana, tapi yang datang cukup ramai. Di dalam restoran, banyak foto-foto orang penting seperti pejabat yang pernah datang ke restoran ini.Strategi marketing yang menarik menurut saya. Foto yang bercerita bisa jadi testimonial yang bagus.

Ayam panggang bangi konon kata mertua saya, bisa memotong ratusan ayam per harinya. Mantap sekali. Resto sekecil ini dan di tempat yang cukup jauh, tapi laris banget. Ayam yang disajikan di ayam panggang bangi ini khusus ayam kampung loh. Harganya terbilang murah, hanya 17.500 per potong, dan ukuran ayam kampungnya besar-besar. Saya agak heran juga, bagaimana dia masih bisa untung. Sekedar info saja, ayam kampung biasanya dijual 50.000-100.000 per ekor (tergantung ukuran). Kalau ayam yang kecil, yang seharga 50.000-60.000, bagusnya dipotong 4. Jadi, Anda bisa membayangkan berapa biaya ayam kampung? Makanya, harga 17.500 per potong saya anggap murah. Mungkin karena lokasinya di pelosok desa, dia punya supplier yang bagus yang bisa menyediakan ayam kampung dengan harga cukup murah.

Rasa ayam panggang bangi ini khas pedasnya. Pedasnya mantap. Buat para penyuka masakan pedas, ayam panggang bangi ini saya rekomendasikan sekali untuk dicoba. Sesuai namanya, ayam panggang bangi ini disajikan dengan cara dipanggang (alias dibakar di atas arang). Karena dibakar di atas arang, baunya sedap. Kalau melihat tekstur ayamnya yang lembut dan khas, kami rasa ayam ini dikukus dahulu sebelum dipanggang. Ya, nampaknya dikukus bukan dipresto (tapi itu cuma perkiraan saja ya). Selain ayam panggangnya yang pedas, yang tak kalah mantap nya adalah urapnya. Urapnya berisi berbagai sayuran dengan sambal berupa parutan kelapa yang pedas sekali (Humm, magh saya pasti kumat deh kalau begini caranya…hiks). Salah satu kekhasan ayam panggang bangi ini adalah urapnya yang disajikan bersama ayam panggangnya (mungkin mirip lalaban untuk orang Sunda ya).

Review Warung Panggang Ayam Bangi di Kediri

 

Review Warung Panggang Ayam Bangi di Kediri

 
Selain makanan, di sini saya menemukan minuman yang tidak biasa. Karena tidak biasa, ya pasti saya coba. Minumannya adalah sari temu lawak yang disajikan dalam botol. Enak rasanya. Pas untuk menemani makan ayam panggang bangi ini.

Review Warung Panggang Ayam Bangi di Kediri

 

Makan ayam panggang bangi ini mengingatkan saya dengan rasa masakan restoran Taliwang Bersaudara di Bandung. Rasanya cukup mirip, berupa ayam pedas yang dipanggang. Hanya saja, pedasnya ayam panggang bangi masih di atas taliwang bersaudara (subjektif ini ya). Dan pedasnya ayam panggang bangi ini tidak menutupi tekstur ayamnya yang gurih. Beberapa kali saya mencoba sambal di restoran di Bandung, ada yang saking pedasnya, makanan tidak berasa apa-apa selain pedas. Saya kurang suka jenis makanan pedas yang pedasnya kelewatan sehingga menutupi rasanya. Nah, ayam panggang bangi ini meskipun rasanya pedas sekali, tapi tidak kelewatan. Mantap lah buat saya.

Saya sangat puas dengan rasa makanan dari ayam panggang bangi ini. Cukup berharga sehingga kami harus jauh-jauh ke pelosok desa seperti ini. Sayang cuman bisa ke sini kalau kami pulang kampung…
 
Petunjuk Arah Menuju Lokasi Warung Ayam Bangi di Kediri :
Purwoasri, Kediri

No Replies to "Ayam Panggang Bangi : Pedasnya Spektakuler"

    Leave a reply

    Your email address will not be published.