Masakan Jawa Go International dari Ayam Penyet Ria

Dulu sekali, kami pernah makan di sini. Waktu itu tempatnya belumlah ramai. Tampilan juga seadanya. Dan makanan yang disajikan rasanya juga biasa saja. Nah, beberapa waktu lalu, kami lewat restoran ini saat buka puasa. Saya agak kaget juga restonya menjadi sangat ramai. Penuh dengan mobil-mobil yang parkir sepanjang jalan. Dan beberapa kali kami melewati tempat itu, saya masih mendapati tempatnya ramai. Pasti ada sesuatu nih. Penasaran jadinya.

Akhirnya kami mencoba lagi kemarin. Tempatnya cukup penuh sesak, padahal kami datang agak terlambat sekitar jam 20.30 malam. Melihat papan nama di depan, Ayam Penyet Ria ini sudah buka cabang di mancanegara. Wow! Salut juga kuliner Indonesia bisa menembus luar negeri. Kami pun mencoba menu andalan resto ini, apalagi kalau bukan ayam penyet. Menu di sini menurut saya bercorak menu Jawa Timur-an. Di Surabaya, makanan banyak yang disajikan dengan sambal penyet.

Mungkin karena agak penuh dan sudah cukup malam, pesanan kami datang agak lama. Minuman bahkan baru datang setelah kami selesai makan. Agak bete juga karena memang saya sudah kelaparan berat. Setelah datang, saya pun buru-buru memotretnya. Agak ngebut motretnya karena harus balapan dengan cacing-cacing yang marah di perut (hihihi).

Ayam penyet di sini disajikan dengan ditaburi kremesan. Menurut saya, variasi kremesannya dibuat dari tepung beras. Rasanya kremesannya punya taste mirip peyek jika berbahan dasar tepung beras. Yang agak beda buat saya sebenarnya adalah sambalnya. Sambalnya saat itu tidak disajikan dengan cara dipenyet. Entah apakah biasanya seperti itu atau kebetulan saja karena kami kemalamaan datangnya. Pakemnya ayam penyet, ya biasanya sambalnya dipenyet (digeprakkan ke ayamnya menggunakan ulekan). Variasi sambalnya cenderung dominan rasa tomat dan bawang merah. Cukup enak rasanya. Selain ayam penyet, ada beberapa menu yang menurut saya menarik untuk dicoba seperti sop buntut dan rawon.

Review Ayam Penyet Ria di Bandung

 
Di sini, saya perhatikan suasananya jauh lebih apik ketimbang dulu. Ada taman yang indah di bagian belakang. Penataan kursi dan mejanya juga rapi. Kesan tradisional ditonjolkan dengan menggunakan furniture kursi dari kayu. Meja dibuat cukup besar. Ini sesuai dengan pangsa pasar Ayam Penyet Ria yang baru yaitu pasar keluarga. Bahkan saya lihat ada satu keluarga besar dengan menggunakan beberapa mobil yang makan di sini. Strategi marketingnya berarti kena nih. Selain itu, papan nama ayam penyet ria dibuat besar-besar dan mencolok. Penggunaan papan nama besar seperti ini adalah strategi marketing yang baik karena biaya marketingnya cukup murah dan bisa dipakai selamanya.

Kalau kangen pengen masakan keluarga, tempat ini cocok buat dijajal.
 
Website : Ayam Penyet Ria
Petunjuk Arah Menuju Lokasi Ayam Penyet Ria di Bandung :
Jl. W.R. Supratman No.46, Bandung,

No Replies to "Masakan Jawa Go International dari Ayam Penyet Ria"

    Leave a reply

    Your email address will not be published.