Bakmi Jogja Bengawan…Rasanya Jawa Bangeeet!

Sebagai keturunan jawa dan sunda, Masakan Jawa adalah salah satu favorit saya. Masakan jawa menurut saya lebih strong dan lebih kaya rasanya. Saya juga menyukai masakan sunda (terutama lalaban dan pepes). Masakan sunda menurut saya secara umum lebih light rasanya dan mengutamakan sambal yang pedas. Itu sebabnya tekstur sambal jawa dan sunda agak berbeda buat saya.

Salah satu favorit saya dalam masakan jawa adalah bakmi jogja. Rasanya yang gurih dan kuahnya yang agak kental membuat lidah ini serasa bergoyang. Di Bandung, tempat bakmi jogja yang menjadi favorit di antaranya yang berlokasi di daerah taman pramuka. Di sini, suasananya jawaaa banget. Para waiternya akan menyapa kita dalam bahasa jawa kromo inggil jika kita berlogat jawa. Saya kadang agak kagok karena bahasanya lumayan halus, sementara bahasa jawa saya pasaran. Karyawan juga mengenakan blangkon khas jawa, dan ada berbagai tulisan jawa di berbagai sudut. Tempat ini sangat pede dengan apa yang mereka tawarkan sampai-sampai mereka menuliskan di pintu masuk bahwa mereka tidak buka cabang lain di Bandung ini. Wuiiihh…

Masuk ke dalam restoran ini seringkali kita disambut gamelan jawa. Membuat suasana jawa menjadi lebih tegas. Sesuai namanya, makanan andalan mereka tentu saja bakmi jogja. Hanya saja, bakmi jogja di sini agak beda dengan bakmi jogja pada umumnya. Umumnya, bakmi jogja berukuran besar-besar, sementara di sini lebih kecil. Ada berbagai pilihan variasi bakmi yang kita bisa pilih, godog, nyemek, atau goreng.

Karena saya sedang kelaparan berat hari ini, saya tidak ingin memilih bakmi jogja. Sebagai gantinya, saya memilih nasi goreng mawut yang di dalamnya berisi mie juga. Saya memilih menu ini karena saya tahu porsi bakmi jogja di sini agak sedikit. Buat saya yang makanannya ala portugal (porsi tukang gali ehehe), bakmi jogja di sini kurang nampol kenyangnya. Tapi masalah porsi sih tergantung kebiasaan. Kalau buat perempuan, mungkin porsi ini dirasa cukup pas. Nah, kalau istri saya pesannya adalah bakmi godog. Dia sangat suka bakmi di sini, rasanya pas dan ukurannya juga cukup pas. Kuahnya emang bikin seger banget, ayamnya memang ayam kampung dan telurnya juga kayaknya telur kampung. Ayam kampung dan telur kampung itu rasa gurihnya memang segar, beda dengan ayam boiler yang cenderung anyir.

Review Bakmi Jogja Bengawan di Bandung

 
Salah satu yang saya sukai di sini adalah acar yang disediakan cukup banyak. Saya ini termasuk penggila acar. Kalau ke tempat mie/nasi goreng, acar yang disediakan pasti nambah. Selain itu, juga ditawarkan kerupuk karak dari beras yang saya sangat sukai. Untuk minuman, pilihan di sini agak terbatas. Setelah menunggu beberapa waktu, datanglah makanan yang ditunggu. Nasi goreng mawutnya rasanya lumayan nikmat. Tapi memang paling nikmat adalah rasa bakminya. Benar-benar gurih kaldu dan kaya rasa. Ada beberapa bakmi godog di Bandung ini yang rasanya vetsin doank, bikin sakit kepala. Di sini, rasanya benar-benar pas. Mantap dah pokoknya.

Tapi ternyata, porsi nasi goreng ini pun belum benar-benar nampol buat saya. Kebetulan anak saya makannya tidak habis, yah Alhamdulillah dapat jatah tambahan hehehe. Kita memang masih sama-sama masa pertumbuhan, kalau anak saya tumbuh ke atas, saya tumbuh ke depan (perutnya :D). Nah, antara harga dan porsi, di sini harganya terbilang cukup mahal untuk seporsi bakmi jogja. Tapi itu pilihan, pengen rasa yang enak atau porsi yang besar? Atau keduanya? Haha

Review Bakmi Jogja Bengawan di Bandung

 
Strategi pemasaran tempat ini benar-benar cihuy. Selain lokasinya yang strategis, diferensiasinya benar-benar tegas. Meski banyak orang datang ke Bandung mencari makanan sunda, resto ini berani menampilkan dirinya sebagai makanan jawa di tengah resto sunda. Mungkin karena diferensiasinya yang tegas, produknya yang bagus, dan layanannya yang ramah, tempat ini selalu ramai dengan pengunjung. Cobain deh.
 
Petunjuk Arah Menuju Lokasi Bakmi Jogja Bengawan di Bandung :
Jl. Taman Pramuka No.183, Cihapit, Bandung

No Replies to "Bakmi Jogja Bengawan...Rasanya Jawa Bangeeet!"

    Leave a reply

    Your email address will not be published.