Rasa Bakarannya Gurih dan Enak ala Ikan Bakar Laut Biru

Pas pertama kali restoran ini buka cabang di Jl. Terusan Jakarta, terus terang yang bikin penasaran adalah bau bakarannya. Restoran ini punya konsep dibakar secara alakat. Jadi, customer memilih ikan yang dia sukai, lalu dibumbui, dan dibakar di tempat. Proses pembakarannya memang butuh waktu karena ikan dari posisi beku, kemudian dicuci, diolesi bumbu, lalu dibakar cukup lama sampai matang. Biasanya, proses pembakaran ini butuh waktu 20-30 menit. Buat yang pengen makan buru-buru, tentu restoran dengan konsep seperti ini bukanlah pilihan terbaik. Mungkin karena banyak yang mengeluh, maka diberikan petunjuk tertulis di atas freezer, “Membakar memerlukan proses. Terima kasih atas kesabaran Anda”.

Review Restoran Laut Biru Seafood di Bandung

 
Pilihan ikan yang ada cukup bervariasi, seperti ikan kuwe, ikan kakap, ikan kerapu, ikan baronang, dan lainnya. Semuanya disajikan di dalam freezer sepertu restoran ikan lainnya kayak Sambal Pesisir. Kita tinggal memilih. Harga tiap ikan berbeda-beda dengan kisaran rata-rata 13.000 – 15.000 per ons-nya. Berat tiap ikan juga beda-beda, rata-rata beratnya 500 gram. Jadi, kalau kita memilih ikan kakap ukuran 500 gram, maka harganya adalah 75.000. Saat itu, kami lagi kepengen ikan baronang, yang katanya salah satu ikan favorit di daearah Indonesia timur karena rasanya yang gurih. Sayangnya, ikan baronang yang kami pilih kebetulan habis. Sementara ikan jenis lain ukurannya terlalu besar buat kami. Dengan semangat mencoba sesuatu yang baru, maka kami pilih suatu ikan dengan ukuran yang sedang (lupa nama ikannya hehehe).

Review Restoran Laut Biru Seafood di Bandung

 
Setelah kami pilih, ikan pun dibersihkan, dibumbui, dan dibakar. Bumbu khas yang dipakai di sini menurut saya mengutamakan mentega sehingga rasanya gurih. Kalau ikannya berukuran cukup besar, maka ikannya akan dibelah dan dibumbui dari dalam maupun luar. Dengan begitu, rasa bumbunya akan terasa lebih meresap. Sayangnya, kalau ikannya biasa saja ukurannya, maka ikannya tidak akan dibelah. Pembakaran akan menggunakan arang batok sehingga rasa bakarannya lebih mantap. Wangi ikan bakar yang dibakar dengan arang dan yang sekedar dipanggang di atas teflon itu sangat jauh berbeda. Kalau dibakar di atas arang, maka akan muncul aroma wangi dari kayu yang terbakar. Wuihhh…baunya itu lo…mantappp!!

Review Restoran Laut Biru Seafood di Bandung

 
Salah satu yang favorit di sini adalah sambalnya. Kalau kita pesan menu di sini, maka kita akan diberi sambal 3 macam. Sambal pertama adalah sambal dalam bentuk irisan cabe dan irisan bawang merah serta bawang putih. Saya yang hobi makan sambal bawang, lebih suka dengan sambal jenis ini. Sambal kedua adalah sambal dengan ulekan halus cabe. Sementara sambal ketiga adalah gabungan cabe merah dengan potongan tomat besar. Semua sambal di sini pedasnya lumayan berasa dan juga terasa asam segar. Pas buat makan ikan bakar. Selain sambal, yang paling kami suka adalah cah kangkungnya. Cah kangkung di sini menggunakan kangkung muda yang segar dengan bumbu irisan bawang putih yang banyak. Dipadukan dengan minyak yang gurih, rasanya terasa sangat jos mantap.

Akhirnya, makanan kami pun datang setelah 30 menit. Ikannya sayangnya tidak dibelah dua, sehingga rasanya kurang mantap. Mungkin karena pilihan ikan kami kurang pas, ikan jenis ini dagingnya tidak terlalu banyak. Bahkan ukuran kepalanya cukup besar sehingga bagian dagingnya tidak sebanyak biasanya. Rasa ikannya tidak segurih rasa ikan favorit kami yaitu Baronang. Walau demikian, rasa ikannya masih cukup gurih. Untuk urusan harga, setiap kali kami makan di sini, rata-rata habis 100 ribu untuk dua orang dengan pesanan satu ikan, dua nasi, dan dua minum serta kadang ditambah cah kangkung.

Review Restoran Laut Biru Seafood di Bandung

 
Ikan Bakar Laut Biru ini sejauh yang saya tahu punya dua lokasi di Antapani. Pusatnya tidak berada jauh dengan cabangnya, yaitu berada di Jalan Purwakarta. Kalau Anda pengen mencoba ikan bakar dengan rasa yang gurih, bisa mencoba ke restoran ini.
 
Petunjuk Arah Menuju Restoran Laut Biru di Bandung :
Jalan Terusan Jakarta no 258, Bandung

No Replies to "Rasa Bakarannya Gurih dan Enak ala Ikan Bakar Laut Biru"

    Leave a reply

    Your email address will not be published.