Makan Nikmat Nggak Pakai Ribet di Joko Solo

Restoran ini kebetulan tidak jauh dari rumah saya. Awalnya, kalau tidak salah lokasi itu adalah bekas POM bensin. Tiba-tiba berubah menjadi restoran. Bangunan restorannya memang dibuat seadanya. Tidak ada interior yang unik dan menarik di sana. Namun demikian, di area makan ada tempat lesehan dengan colokan listrik. Lumayan membantu buat kami kalau lagi fakir batere. Saking sederhananya bentuk bangunan ini, saya jadi keingetan rumah makan di rest area POM bensin. Salah satu yang beda di sini dari segi bangunan adalah pengaturan dapurnya. Dapurnya terletak di dekat kasir dan kami dapat melihat langsung aktivitas di dapur. Tidak semua restoran mau memperlihatkan aktivitas dapurnya karena berbagai faktor, misalnya masalah kerahasiaan makanan.

Review Restoran Joko Solo di Bandung

 

Review Restoran Joko Solo di Bandung

 
Dulu, awalnya kami mencoba karena penasaran. Apalagi bawa-bawa nama Solo, kota kelahiran saya. Lucunya, ketika saya tanya waiternya, pusatnya di mana kalau di Solo…eeeh ternyata restoran ini dari daerah Medan. Waktu dulu, sekitar 3 tahun lalu pas pertama ke sana, saya ingat pelayanannya bagus banget. Saat itu, rata-rata waiternya perempuan berkerudung. Melihat gayanya, istri saya bilang kayaknya rata-rata waiternya berasal dari pesantren karena cara berkerudung orang pesantren itu lumayan khas. Greeting ke customernya sangat baik dengan pelayanan cepat. Menu andalan di sini adalah ayam penyet. Ayam penyet sebenarnya sama seperti ayam goreng biasa dengan sambal merah. Yang membedakan adalah penyajiannya dengan cara dipenyet. Sambal di sini lumayan cocok dengan lidah istri saya yang orang Jawa Timur. Restoran di Bandung ini kebanyakan adalah restoran Sunda juga punya taste khas sambalnya. Sayangnya bagi istri saya, taste sambal restoran Sunda kurang pas di lidah karena cenderung agak manis dengan rasa pedas yang kuat. Di Joko Solo ini, sambalnya terasa lebih gurih.

Hanya saja, karena rumah kami pindah, kami jadi jarang ke sana. Kebetulan, beberapa waktu lalu, saya lagi sendirian di Bandung. Istri lagi pulang kampung. Saya iseng pengen makan di sana lagi karena restoran ini dekat dengan kantor. Pas ke sana, ternyata tidak banyak perubahan dalam hal bangunan ataupun menu. Malah, pelayanannya menjadi agak kurang karena saya lihat jumlah waiternya tidak sebanyak dulu. Saya lihat-lihat menu yang ada karena lagi ingin mencoba menu yang berbeda. Nah, di sini selain ayam penyet ada banyak menu lain yang juga enak. Mata saya tertuju ke menu bebek. Saya penasaran kayak gimana ya bebeknya di sini. Cobain itu aja ah. Untuk minumnya, saya pesan es teler yang dipampang besar di daftar menu sebagai penanda salah satu menu andalan di sini.

Review Restoran Joko Solo di Bandung

 

Review Restoran Joko Solo di Bandung

 
Sedikit agak lama menunggu makanan di sini. Seingat saya, dulu pas pertama kali makan di sini, pelayanannya super cepat. Mungkin sekarang lebih rame apalagi ada fasilitas delivery service-nya. Minuman saya datang terlebih dahulu. Waahhh, seger banget ternyata rasanya. Es teler ini sebenarnya bahannya biasa saja yaitu nangka dan alpukat yang disajikan dengan es dan susu. Perpaduannya pas banget sehingga rasa manis dan gurihnya tetap terasa kuat. Setelah minuman datang, tak berapa lama, pesanan makanan saya pun datang. Sambal penyetnya tetap berasa joss mantap seperti dulu. Sayangnya, bebeknya agak alot. Mengolah bebek ini memang bukan perkara mudah karena tesktur bebek mirip dengan ayam kampung. Kalau tidak dipresto dengan benar atau cara menggorengnya kurang pas, hasilnya bisa agak alot.

Review Restoran Joko Solo di Bandung

 

Review Restoran Joko Solo di Bandung

 
Over all, makan di sini lumayan memuaskan. Oleh sebab itu, saat istri saya sudah balik ke Bandung lagi, kami pun menyempatkan diri makan di sini. Karena saya ngerasa ga cocok dengan tesktur bebeknya, kali ini saya pesan ayam saja. Menu paket ayam di sini bervariasi. Saya pilih paket ayam bakar yang komplit. Harganya adalah 31.000 per porsinya. Tiba-tiba, istri saya melihat menu terong penyet. Ini salah satu menu favorit kami. Harganya tidak mahal yaitu 8.000 per porsinya. Sekalian deh kami pesan menu tersebut.

Setelah makanan datang, saya coba menu ayamnya. ternyata lembut banget. Pas di lidah rasanya. Di paket ini ada juga tambahan petai. Saya sebenarnya mengincar menu petai ini. Walau saya suka dengan rasa petai, tapi kalau makan harus hati-hati. Tau sendiri kan baunya kayak gimana. Kalaupun makan, saya tidak pernah melebihi 3 butir dalam sekali makan. Ini pas banget disajikannya hanya 3 butir. Jangan salah ya, meskipun banyak orang merendahkan makanan petai ini, tapi harga petai lumayan mahal lo di pasar. Apalagi kalau lebaran, harganya bisa naik karena banyak ibu-ibu bikin sambal goreng ati dengan salah satu bahannya ya petai ini. Dulu, ada teman saya dari Jepang yang studi di Indonesia, saat mencoba petai dia ternyata suka banget. Dia bahkan bisa melalap satu papan petai mentah sendirian. Gimana tuh rasanya…hehehe. Selain petai, ada item tambahan seperti ikan asin yang digoreng dengan tepung. Mantap deh rasanya!

Review Restoran Joko Solo di Bandung

 
Nah, untuk menu terong penyetnya ternyata berbeda dari yang kita pikirkan. Biasanya, terong di rumah makan padang disajikan dalam kondisi terong yang dikukus dan digoreng sebentar lalu diberi bumbu sambal balado. Di restoran Joko Solo ini, terong penyetnya diiris tipis-tipis lalu diberi tepung dan digoreng sampai agak kering. Baru setelah itu diberi sambal penyet. Rasanya krenyes-krenyes gitu. Saya lumayan suka taste-nya. Rasanya manis dan gurih ditambah pedas.

Review Restoran Joko Solo di Bandung

 
Makanan di sini pas dengan selera kami. Walau demikian, harga makanannya sudah agak naik dibandingkan dulu pas pertama kali beli di sini. Namun demikian, rasanya tetap joss mantap. Selain itu, tempatnya cukup luas. Kalau bawa mobil, tidak terlalu ribet parkirnya. Cocok buat makan bareng keluarga.

Petunjuk Arah Menuju Lokasi Restoran Joko Solo di Bandung :
Jalan A.H. Nasution No. 23, Bandung

No Replies to "Makan Nikmat Nggak Pakai Ribet di Joko Solo"

    Leave a reply

    Your email address will not be published.