Mie Aceh Original dari Kedai Aceh Peukan Biluy

Awalnya saya kurang suka dengan rasa mie aceh. Masakan Sumatra yang satu ini buat saya asing banget rasanya. Campuran antara pedas dan asam. Rasa asam adalah salah satu rasa yang awalnya saya kurang suka. Tapi rasa asam ini populer buat wanita. Apalagi minuman asam seperti Yoghurt. Pernah dulu saat di Jerman, saya disuguhi salad dengan saus yang rasanya asaaaam banget. Nggak kuat saya dengan rasa asam itu.

Namun, waktu istri saya hamil, dia suka minta dibeliin mie aceh yang berada di daerah Tubagus Ismail. Lumayan jauh dari rumah kami yang berada di Cicaheum. Karena sering minta dibelikan (yah namanya orang ngidam mesti diturutin), saya jadi penasaran rasanya. Pertama kali mencoba, saya tidak suka. Eh setelah beberapa kali nyoba, lama-kelamaan malah suka dan ketagihan. Begitulah selera makan, bisa jadi berubah.

Sayangnya, mie aceh di Tubagus Ismail terlalu jauh dari rumah. Kalau lagi pengen makan mie aceh, kejauhan buat ke sananya. Untung, pas jalan-jalan ke Antapani, ga sengaja nemu mie aceh dekat rumah. Nama rumah makannya adalah Kedai Aceh Peukan Biluy. Saya googling arti kata Peukan Biluy, ternyata itu adalah nama air terjun di Aceh. Jadi, kepengen nyobain rasanya nih.

Mie aceh punya ke-khas-an sendiri dibanding menu mie yang lain. Selain kuahnya yang asam dan pedas, bentuk mie-nya juga agak besar dengan warna kuning tua. Padanan rasa asam dan pedas ini harus pas agar enak di lidah. Di mie aceh Peukan Biluy ini, selain disediakan mie aceh juga disediakan berbagai menu khas aceh seperti roti cane. Yang paling saya suka malah minumannya yaitu es timun yang rasanya segaaar banget. Kata teman saya yang di Aceh, kalau pesta nikahan minuman timun segar ini wajib ada.

Review Kedai Aceh Peukan Biluy di Bandung

 
Harga mie aceh di sini tidaklah mahal. Mie aceh biasa hanya seharga 13.000. Kalau kita minta ditambah isinya seperti udang atau cumi harganya naik jadi 17.000. Setelah saya pesan, mie-pun dimasak. Hmmmm, wangiii baunya…bikin perut keroncongan. Saat dimakan rasanya benar-benar mantap dah. Pas di lidah.

Review Kedai Aceh Peukan Biluy di Bandung

 
Kedai mie aceh ini recommended deh pokoknya. Buat yang kangen dengan masakan aceh, bisa nyobain makan di sini.
 
Petunjuk Arah Menuju Lokasi Kedai Peukan Biluy di Bandung :
Jalan Terusan Jakarta No.311, Antapani, Bandung

No Replies to "Mie Aceh Original dari Kedai Aceh Peukan Biluy"

    Leave a reply

    Your email address will not be published.