Nyobain Pujasera Dengan Menu Komplit di Mang Haji Donal

Hari itu, saya ada wedding di daerah yang cukup jauh yaitu di Soreang. Kebetulan, hari ini istri saya tidak bareng dengan saya karena harus pulang kampung. Jadi jomblo lah beberapa hari ini. Hehehe. Perjalanan ke Soreang dari Cicaheum, saya memilih rute lewat kopo. Biar cepet saya pakai tol dari Buah Batu. Pulangnya pun melalui jalur yang sama. Sebenarnya, saya pengen makan bebek di daerah Buah Batu waktu pulang. Sayang, perut saya nggak mau kompromi. Jam sudah menunjukkan mendekati pukul 3 sore dan saya belum makan siang. Inilah suka dukanya jadi pengelola wedding. Di satu sisi, makanan sangat berlimpah yang kami masak. Di sisi lain, makanan itu adalah hak milik customer. Jadi, saya lebih suka memilih makan di luar setelah acara selesai.

Di perjalanan pulang, tidak sengaja saya lihat ada restoran yang nampaknya ramai sekali di kanan jalan. Banyak mobil terparkir padahal tempatnya kecil banget. Ini nih pertanda restoran yang cukup enak. Lihat namanya kok unik : Mang haji donal. Iseng aja lah, akhirnya saya mampir ke restoran itu. Wuiiih, buat pengunjung jam 3 sore….ini rame banget. Padahal kan tempatnya bukan di daerah kota atau mall. Saking ramenya, saya lihat para waiter belingsatan menyiapkan makanan buat para tamu. Kadang, masih ada meja yang tidak dirapikan karena mereka terlalu sibuk melayani tamu. Saya pun ambil daftar menu yang ada dan memilih.

Review restoran mang haji donal di katapang kopo bandung

 
Ternyata, mang haji donal ini sudah punya cukup banyak cabang di Bandung. Wah keren…!!! Yang saya coba ini berada di daerah kopo ketapang. Selain itu ada lokasi di cibiru, banjaran, dan rancaekek. Kalau melihat lokasi lainnya, restoran Mang haji donal ini spesialis berada di luar kota Bandung. Mungkin ini strategi marketing yang menarik karena persaingan di dalam kota Bandung itu sudah terlalu padat. Sementara, di luar kota Bandung, restoran yang enak dan murah itu tergolong tidak banyak. Daerah katapang ini cukup ramai karena menjadi rute perjalanan ke tempat wisata seperti ke daerah ciwidey. Konsep restoran Mang Haji Donal ini lebih tepat dikatakan sebagai Pujasera (Pusat Jajanan Serba Ada) karena di dalam restoran ada beberapa gerobak terpisah.

Review restoran mang haji donal di katapang kopo bandung

 
Melihat daftar menunya, saya jadi tahu, kenapa ramai. Dari daftar menunya, banyak makanan yang nampaknya enak buat dimakan. Jadi galau mau makan apa…saya lihat ada nasi goreng jagung. Hmm, kayak apa ya. Penasaran juga sih. Saya jadi membayangkan makanan ampok di kediri yang disukai istri saya. Ada juga sate maranggi, bakso, ayam penyet, dan berbagai cemilan seperti pisang  keju. Melihat suasana ramai begini, saya jadi khawatir pesanan saya bakal lama, akhirnya saya pesan dulu pisang keju buat pengganjal perut selama menunggu. Untuk makanannya, saya pesan sop iga bakar. Hmmm, gimana tuh ya rasanya. Jadi penasaran penyajian iga bakar di sini.

Review restoran mang haji donal di katapang kopo bandung

 

Review restoran mang haji donal di katapang kopo bandung

 
Ternyata saya salah duga. Pelayanan cukup cepat datang. Wuiih padahal rame begini. Kalau ramai tapi masih lumayan cepet datangnya, berarti pengaturan stok resto ini bagus. Saya jadi agak menyesal pesen pisang bakar. Kenyang banget kalau makan bersamaan. Apalagi sendirian begini makannya. Pas mencicipi iga bakarnya, saya jadi teringat makan steak di restoran western. Di sini iganya lumayan besar, seukuran steak bagian rib eye. Bedanya, ini masih ada tulangnya, dan alih-alih menggunakan saus putih/coklat, di sini sausnya adalah kecap…khas nusantara banget. Yummy! Daging sapinya juga lumayan lembut lo. Padahal, daging lokal kadang rasanya alot. Iga bakar ini disajikan dengan kuah sup dan cabe kering berbentuk bubuk. Sayangnya, cabenya kurang nendang pedesnya. Saya suka kuah supnya karena selain rasanya enak, diisi dengan banyak daun bawang yang bikin sensasi gurih yang enak banget. Potongan daun bawangnya agak besar. Pas banget rasanya.

Review restoran mang haji donal di katapang kopo bandung

 
Makan sop iga bakar ini kenyang banget..saking kenyangnya, camilan pisang keju ini ga kemakan. Mubazir ah kalau ditinggalkan begitu saja. Kata orang, mubazir itu temennya setan. Saya minta ke waiternya untuk dibungkus saja. Lumayan buat nyemil di perjalanan pulang yang biasanya agak macet.

Makan di sini tergolong murah harganya. Pantesan ramai meskipun tempatnya seadanya. Sop iga bakar tadi hanya sekitar 40.000 per porsinya. Menu yang lain juga tidak tergolong mahal. Bervariasi antara 20.000 -30.000. Yang paling mahal memang sop iga bakarnya. Selain itu banyak pilihan minuman menarik seperti minuman sunami atau float dengan harga 13.000-17.500. Patut dicoba. Sayangnya tadi saya ga pesen minuman itu karena saya ngerasa sudah kebanyakan minuman manis dari pagi hari.

Buat yang lagi jalan-jalan keluar kota Bandung, tempat ini cocok buat  mampir makan.
 
Petunjuk Arah Menuju Lokasi Mang Haji Donal di Katapang Kopo Bandung :
Jl. Terusan Kopo, Katapang, Bandung

No Replies to "Nyobain Pujasera Dengan Menu Komplit di Mang Haji Donal"

    Leave a reply

    Your email address will not be published.