Singgah dan Makan di Restoran Sunda Manjabal

Hari itu saya berencana ke Ciwidey untuk berenang bareng dengan keluarga. Ternyata, sampai Ciwidey saya baru tahu kalau tempat renang yang kami tuju sedang tutup. Aduuhh! Saat itu sudah lewat jam 1 siang. Kami ingin tetap berenang, jadi saya memutuskan untuk pergi ke Kampung Sampireun di Garut. Perjalanan ke Garut, kami melewati restoran Manjabal di daerah Soreang. Restoran Manjabal adalah salah satu Restoran Sunda yang lumayan terkenal di Bandung. Cabangnya ada beberapa tempat di Bandung. Salah satu yang pernah kami makan bareng adalah restoran yang berada di buah Batu. Karena perut sudah lapar, kami memutuskan makan di Manjabal ini.

Saya tahu Manjabal yang ada di Soreang ini dari kawan saya di komunitas Tangan Di Atas. Pernah, salah satu mentor kami, Pak Huibert yang berasal dari Belanda diajak makan bareng di restoran Manjabal ini. Makanan yang dia suka adalah ayam kampung yang berasal dari ayam organik yang dipelihara tanpa menggunakan obat-obatan. Rasa ayam kampung memang jauh lebih gurih ketimbang ayam broiler. Ayam broiler punya taste yang lebih amis ketimbang ayam kampung. Kalau lihat proses pertumbuhan ayam broiler, ayam broiler memang diternakkan secara instan. Hanya butuh 1-3 bulan agar ayam broiler tumbuh menjadi besar. Bandingkan dengan ayam kampung yang butuh waktu sampai 6 bulan. Itupun ukuran ayam kampung lebih kurus tetapi berotot liat ketimbang ayam broiler.

Kali ini, kami pesan berbagai menu. Istri saya lagi pengen makan makanan hangat. Oleh sebab itu, dia pesan sup buntut. Sedangkan saya lebih memilih ayam kampung goreng. Sementara, anak saya dipesankan ikan nila goreng. Anak saya dari kecil selalu suka dengan masakan ikan. Karena buat anak kecil, istri saya wanti-wanti agar disajikan ikan nila yang berukuran kecil. Kata waiternya, nanti dipilihkan ikan nila kecil. Ladhalah, setelah masakan datang, yang datang adalah ikan nila ukuran 1 kilogram. Istri saya bengong melihatnya. Waduh, sebanyak itu siapa yang akan makan. Agak sedikit menggerutu juga kok masih ada miskomunikasi. Akhirnya diputuskan, saya makan ikan bareng Zalfa saja lah. Sementara ayam gorengnya buat makan nanti malam.

Review Restoran Sunda Manjabal di Soreang Bandung

 
Untungnya, ikan nilanya enak banget. Bagian dalamnya bisa lembut banget. Sementara luarnya bisa renyah. Ini tekstur ikan yang paling saya suka. Saya memang kurang suka ikan dengan tekstur kering. Mungkin karena ikan berukuran besar, jadinya bagian dalam bisa lebih lembut daripada biasanya. Ikannya pun tidak terasa amis sama sekali. Rasa ikannya mengobati kekecewaan kami karena miskomunikasi tadi. Sop buntutnya juga enak banget. Bagian buntutnya lumayan besar-besar dan juga terasa lembut dan kenyal. Rasa kuahnya juga enak. Mantap lah pokoknya. Seperti biasa, makan di restoran sunda tentu dibarengi dengan makan lalaban dan sambal. Sambal disini juga enak dengan rasa sambal tomat yang mentah dan berasa sedikit asam ditambah jeruk sambal. Nikmat banget. Sambalnya pas kayak bikinan keluarga kami. Untuk lalaban, kami dapat aneka sayuran seperti leunca, wortel, kol, dan terong. Makan lalaban begini harus hati-hati karena tidak dimasak kadang ada ulatnya.

Review Restoran Sunda Manjabal di Soreang Bandung

 
Ayam kampungnya menggunakan bumbu serundeng yang terasa manis. Terasa banget gurihnya ayam kampung dengan tekstur yang agak liat. Nah, untuk minuman, saya pesan juice melon yang segar. Dan tak lupa favorit kami yaitu kelapa muda yang tidak ditambahkan apapun. Jadi, lebih terasa segar, manis, dan gurih. Mantap!!

Restoran Manjabal di Soreang ini punya pemandangan yang cukup asri. Ada kolam yang berisi banyak ikan di tengah-tengah tempat makan. Ada tempat bermain juga untuk anak-anak. Kalau kita mau selonjoran, bahkan ada kursi yang pas buat duduk. Untuk furniture-nya memang tidak mewah, terasa suasana tradisional yang kental dengan pilihan meja dan kayunya. Karena kami memilih duduk di bagian belakang, kami dapat meja ala jepang yang bisa untuk makan lesehan. Di sini, juga tersedia banyak colokan untuk handphone. Alhamdulillah, karena handphone kami semuanya lowbat padahal kami masih harus berkendara 3 jam lagi.

Review Restoran Sunda Manjabal di Soreang Bandung

 

Review Restoran Sunda Manjabal di Soreang Bandung

 
Restoran Manjabal ini banyak cabangnya di Bandung. Silakan coba aneka menu sunda di sini.

Petunjuk Arah Menuju Lokasi Restoran Manjabal di Soreang Bandung :
Jl. Ciputih, Soreang, Bandung

No Replies to "Singgah dan Makan di Restoran Sunda Manjabal"

    Leave a reply

    Your email address will not be published.