Masakan Tradisional Jawa Timur Dari Rumah Makan Bu Titin

Sekitar awal tahun lalu, saat saya berkunjung ke rumah mertua saya, saya ingin mencoba masakan garang asem yang direkomendasikan oleh supir kami. Kata beliau, kalau mau nyoba makanan Garang Asem yang enak bisa ke rumah makan Bu Titin. Lokasinya kebetulan tidak terlalu jauh dari rumah kami di daerah Kandangan. Beberapa hari kemudian, dengan semangat mencoba kami pun mampir makan di sana.

Lokasi rumah makannya terbilang biasa saja. Seperti warung makan tradisional umumnya dengan meja dan kursi secukupnya. yang sedikit membedakan adalah poster-poster makanan yang ditempel di dinding. Wah di sini dijual Kutuk Gabus Pedas loo. Ini menu ikan gabus yang dimasak dalam bentuk sayuran bersantan dan dengan kuah pedas khas Jawa Timur. Tidak banyak restoran Jawa Timur yang menyediakan menu ini. Menu ini lebih populer di Blitar ketimbang di Pare. Hmmm…jadi bingung mau nyoba apaan. Cuman karena saya memang ke sini buat nyoba Garang Asemnya, ya sudahlah itu saja yang saya pesan.

Waktu pesan, saya lihat ada papan petunjuk bahwa rumah makan ini tidak buka cabang. Waah, jarang-jarang lo nemu restoran bikin pernyataan seperti ini. Biasanya, pengusaha resto berusaha bikin cabang sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Mungkin pernyataan ini dikarenakan ada juga rumah makan di daerah Kediri yang bernama Bu Titin. Mungkin karena pemiliknya berbeda, pemilik resto ini perlu menegaskan agar tidak timbul kerancuan.

ReviewRumah Makan Bu Titin di Pare Kediri

 

Nah sekarang saatnya pesan. Agak bingung nih karena di sini ada berbagai masakan yang nampaknya menarik. Menunya khas menu-menu rumahan yang akrab di lidah. Saya tetap pesan garang asem karena memang itu menu favorit saya sejak kecil. Sementara istri saya pesan menu ikan dan juga sayur jantung pisang. Nggak banyak kan restoran yang jual sayur jantung pisang? Kalau di Bandung, menu ini tergolong langka karena jarang orang yang jual jantung pisang di pasar. Apalagi hanya pisang jenis tertentu yang bisa dimasak jantung pisangnya. Ibu mertua saya sampai bawa jantung pisang dari Kediri untuk dimasakkan di Bandung kalau berkunjung ke Bandung.

Masakan ini tidak lama datangnya. Salah satu kekhasan warung makan adalah kecepatan pelayanannya yang lumayan baik karena semua masakan pada dasarnya sudah disiapkan. Mmmmm….rasa garang asemnya enak banget. Garang asemnya diberi banyak bumbu. Berbeda dengan garang asem dari Kantin AA yang sering kami coba di Bandung, kuah garang asem di sini bening dan tidak berwarna merah. Rasanya juga tidak sepedas dengan yang di Bandung dan rasanya enak. Sementara, sayur jantung pisangnya enak banget. Kuahnya pedas dan istri saya suka banget dengan sayur.

Review Rumah Makan Bu Titin di Pare Kediri

 

Review Rumah Makan Bu Titin di Pare Kediri

 

Menu ikannya juga mantap. Yang kami coba adalah semacam ikan peda yang dibuat dengan bumbu botok dari kelapa parut dengan rasa pedas. Kebayang kan enaknya? Untuk menemani makan yang nikmat ini, saya pesan jus semangka yang bikin tenggorokan segeeer.

Review Rumah Makan Bu Titin di Pare Kediri

 

Review Rumah Makan Bu Titin di Pare Kediri

 

Siapa tahu ada di antara yang baca blog ini main ke Kampung Inggris di Pare, bisa mampir ke restoran yang satu. Rasa masakannya khas Jawa Timuran. Mantapp pokoknya.

Petunjuk Arah Menuju Rumah Makan Bu Titin di Pare Kediri :
Jalan Kandangan, Tertek, Pare

No Replies to "Masakan Tradisional Jawa Timur Dari Rumah Makan Bu Titin"

    Leave a reply

    Your email address will not be published.