Nyicipin Ramen Ala Nusantara Dari Mie Merapi

Saya perhatikan salah satu makanan yang lagi nge-hits di Bandung beberapa tahun belakangan ini adalah masakan Jepang. Menu ramen saya perhatikan mulai jadi booming dipelopori oleh resto Gokana Teppan yang merupakan satu grup kuliner dengan Bakso Malang Karapitan. Rasa ramen di sana sedikit mengingatkan saya dengan masakan Indomie, mungkin itu yang bikin rasa ramennya tidak terlalu asing buat orang Indonesia. Nah, sejak itu menu ramen jadi lebih populer di Bandung.

Salah satu masakan ramen yang menurut kami enak adalah racikan ramen dari Mie Merapi. Lokasi mie merapi berada di daerah Pahlawan. Dekat dengan pusat keramaian kota, di sebelahnya juga ada mall yang cukup ramai, dan terutama dekat dengan kampus-kampus. Menu seperti ramen ini memang lebih cocok dijual ke anak muda yang mau mengeksplorasi makanan baru. Orang tua biasanya punya preferensi makanan yang sudah pakem dan sulit berubah. Rasa ramen di sini adalah gabungan ramen ala Jepang dengan racikan bumbu nusantara. Istilahnya adalah fusion yang berarti perpaduan antara 2 jenis cita rasa. Kadang kita temukan menu fusion seperti sushi isinya oncom. Eksplorasi rasa begini memang menarik karena menggabungkan rasa yang berbeda dan menghasilkan rasa yang khas yang sebelumnya tidak ada. Butuh riset khusus agar menemukan rasa dan dapat memproduksi dengan mempertahankan rasa tersebut. Ga gampang lo risetnya, bisa makan waktu berbulan-bulan sampai sempurna.

Review Restoran Mie Merapi di Bandung

 
Ada berbagai jenis kuah mie yang bisa dipilih di sini. Kami lebih suka kuah merapi yang rasanya merupakan gabungan antara rasa asam dan pedas dengan bumbu rempah nusantara. Rasa asamnya mengingatkan saya dengan kuah tomyam dari Thailand atau kuah mie aceh yang khas. Selain kuah merapi juga tersedia kuah kare dan kuah kampung. Karena kebiasaan, kami lebih memilih kuah merapi yang familiar. Di sini, kuahnya punya level pedasnya masing-masing. Antara 1 sampai 10 level kepedasannya. Level pedas ini lumayan menarik minat orang Bandung, terutama buat wanita. Awalnya booming sejak jaman kripik singkong maicih. Ternyata disukai banyak orang, lalu industri kuliner lainnya mengikuti trend ini. Untuk level pedas ini, saya biasanya pesan level 1 yang masih aman, sementara istri saya pesan level 3. Semakin tinggi levelnya, cabe bubuknya akan makin banyak. Makin nyosss rasanya di lidah. Nah, kemudian kita bisa pilih menu ramen yang kita suka. Saya biasanya pesan Mie Juara Se-Bandung yang isinya sudah cukup banyak buat kami.

Review Restoran Mie Merapi di Bandung

 
Mie Juara Se-Bandung ini selain berisi mie, juga ada sayuran seperti wortel dan kangkung. Juga ada telur di dalamnya. Selain itu masih dapat bakso dan ceker. Cekernya juga dibumbu pedas. Joss mantap kan!?

Dekorasi ruangan di sini sederhana tapi menarik. Tekstur kayu khas Jepang mewarnai nuansa ruangan ini. Antara service area dan dapur, terdapat jendela untuk menyerahkan makanan yang sudah jadi. Lengkap dengan rumbai-rumbai kain yang mencirikan restoran Jepang. Sayangnya, lokasi ini tempat parkirnya kurang luas. Kalau bawa mobil, biasanya kesulitan untuk memarkirkannya. Lokasi ini lebih cocok dikunjungi menggunakan motor, memang pas buat anak muda yang terbiasa menggunakan motor kemana-mana.

Review Restoran Mie Merapi di Bandung

 

Review Restoran Mie Merapi di Bandung

 
Harga mie di sini lumayan bersahabat. Mulai dari harga sekitar 10.000 per porsinya. Kami biasa pesan Mie Juara Se-Bandung yang harganya 20.000. Lumayan kenyang makannya karena isinya memang banyak. Pengen cobain masakan ramen dengan rasa nusantara? Langsung cobain ke Mie Merapi ini aja.

Website : Mie Merapi
Petunjuk Arah Menuju Lokasi Mie Merapi di Bandung :
Jl. Pahlawan No.24, Bandung

No Replies to "Nyicipin Ramen Ala Nusantara Dari Mie Merapi"

    Leave a reply

    Your email address will not be published.