Nyobain Restoran Baru Mang Ided Menu Sate Maranggi

Sudah beberapa lama, saya lihat di Cikutra ada restoran baru yaitu sate maranggi mang Ided. Lihat tempatnya yang lumayan luas dan makanan khasnya yaitu sate maranggi, saya jadi pengen nyobain. Tapi belum keturutan juga. Saya penasaran apa sih bedanya sate maranggi dengan sate jenis lain. Indonesia memang bangsa yang punya khazanah sate yang amat beragam, mulai dari sate padang, sate madura, sate solo, sate lilit bali, dan masih banyak lainnya.

Akhirnya, pas saya keluar puter-puter Bandung, saya ada kesempatan juga nyobain sate maranggi ini. Pas lagi ke sananya siang-siang di jam makan siang. Perut lagi keroncongan dan tenggorokan terasa kering. Menu sate maranggi ini lumayan beragam, ada sate ayam, sate kambing, dan juga sate sapi. Bahkan ada juga sate telor puyuh. Saya coba pesan sate sapi dengan lemak. Lemak di sate itu bikin tekstur sapi agak lembut. Saya suka lemak sapi, tapi ya jangan kebanyakan. Kalau kebanyakan rasanya jadi eneg dan kolesterolnya tinggi. Eh sayang, sate sapi dengan lemaknya belum ada. Jadi aja saya pesan yang tanpa lemak. Harga sate sapi dengan lemak dan tanpa lemak bedanya hanya 500 perak saja.

Review Sate Maranggi Mang Ided di Bandung

 

Selain makanan, di sini juga tersedia aneka minuman. Saya lihat di papan harga, ada susu murni yang dijual di sini. Sayangnya, cuaca yang panas gini enaknya bukan minum susu murni tapi sesuatu yang segar. Eh pas banget, di sebelah restoran ini ada penjual kelapa muda. Wuih seger banget liatnya. Tanpa banyak mikir, langsung deh pesen satu kelapa muda.

Review Sate Maranggi Mang Ided di Bandung

 

Review Sate Maranggi Mang Ided di Bandung

 

Saya pesan satu degan, bukan es kelapa muda. Kalau es kelapa muda biasanya ditambahkan susu dan air. Rasa kelapa mudanya jadi berkurang. Padahal kelapa muda itu enaknya diminum langsung tanpa tambahan apa-apa. Nah di sini kelapa mudanya pas banget. Daging kelapanya terasa lembut. Orang bilang ini namanya “lendir” saking lembutnya. Rasa kelapa mudanya juga manis. Enak bangetlah. Untuk dapat kelapa muda yang pas begini, biasanya tukang kelapanya tahu mana kelapa muda yang enak atau tidak. Tinggal ngomong sama yang jual.

Review Sate Maranggi Mang Ided di Bandung

 

Akhirnya tiba juga satenya. Waktu pelayanannya agak lambat memang, tapi ya namanya sate mesti harus dibakar, berarti customer harus sabar. Ya kan? Sate maranggi ini keliatan beda dengan sate lain dari penampilannya. Kalau sate pada umumnya dikasih bumbu yang dilumurkan ke satenya seperti bumbu kacang, maka sate maranggi ini polosan saja. Sate maranggi ini dimasak dengan cara dengan direndam dahulu dalam campuran berbagai bumbu sehingga rasa bumbunya meresap. Lalu baru dibakar dan disajikan tanpa tambahan bumbu yang dilumurkan. Taste sate maranggi ini sudah manis karena dalam bumbu untuk marinasi tadi sudah ada kecapnya. Rasa manis dalam sate maranggi mang ided ini ada sedikit rasa bahan seafood. Entah apakah ditambahkan saus tiram atau bagaimana. Tekstur sate mang ided ini lumayan lembut dan disajikan dengan sambal yang pedas. Wuih sambalnya pedesnya membakar. Mantap deh pedesnya. Ada tambahan kondimen juga seperti tomat muda, timun, wortel (seperti acar) dan jeruk sambal. Kondimen ini bikin seger yang cocok dengan rasa satenya.

Review Sate Maranggi Mang Ided di Bandung

 

Siapa yang mau coba ikutan makan sate maranggi ini? Daripada ke Purwakarta kan jauuh…

Petunjuk Arah Menuju Bebek Kaleyo di Bandung :
Jl. Cikutra, Bandung

No Replies to "Nyobain Restoran Baru Mang Ided Menu Sate Maranggi"

    Leave a reply

    Your email address will not be published.