Pepes Khas Sunda Ala Bakul Daun

Saya lagi ada urusan ke daerah Buah Batu saat itu. Pas lagi ke sananya jam makan siang. Cari-cari tempat makan yang kayaknya enak, eeh saya lihat di pinggir jalan ada restoran yang nampaknya ramai. Restoran ini adalah spesialis masakan Sunda, namanya Bakul Daun. Mesti dicoba nih kayaknya. Mampirlah ke sana dan lihat-lihat menu yang ada. Rumah makan ini menyajikan makanan ala prasmanan seperti Masakan Sunda pada umumnya. Kalau pesan di restoran Sunda, biasanya kita tinggal milih menu yang kita sukai lalu nanti akan dimasak sebentar.

Review Restoran Sunda Bakul Daun di Bandung

 

Sebenarnya, saya tertarik mencoba minuman bir pletok yang dijual di sini. Eh ini bukan bir beneran yang memabukkan lo. Bir pletok ini adalah minuman khas betawi dari jahe dan berbagai macam rempah. Hanya saja, karena tadi dari luar dan suasana bandung cukup panas, minum bir pletok yang isinya jahe tentu bakal bikin lebih anget lagi. Kapan-kapan sajalah mencoba minuman ini. Saya tanya ke waiternya, menu yang spesial di sini. Salah satunya adalah pepes ikan. Pepes adalah masakan khas sunda dari ikan atau ayam dengan bumbu kuning dan dimasak dengan cara dikukus sampai tulang dan durinya lembut. Ini salah satu menu favorit masakan sunda saya. Hmmm….saya pesan menu itu saja.

Saat masakan datang dan saya membuka pepesnya, waah ternyata ukurannya besar banget. Mungkin ukuran 1 kg isi 3 atau 4 ya. Mantap deh. Pepes ikan itu paling enak berasal dari ikan mas karena rasa ikan mas yang gurih. Kalau digoreng, ada beberapa yang kurang suka karena durinya agak lembut. Nah, kalau dipepes kan durinya bakal lunak sendiri. Rasa pepesnya mantap lah. Apalagi porsinya yang besar banget begini. Selain itu, teman sambalnya juga pas pedasnya. Lalabannya juga habis saya sikat menemani sambalnya yang mantap. Apalagi dalam menu lalaban ada sayur kenikir yang saya suka.

Review Restoran Sunda Bakul Daun di Bandung

 

Harga masakan yang saya pilih ini ternyata cukup tinggi. Pepes ikannya seharga 35.000. Pantas memang harga segitu karena ukurannya yang besar dan mantap. Ada harga, ada kualitas kan. Yang sedikit bikin heran adalah ternyata di sini lalabannya ada harganya. Kebanyakan restoran sunda memberikan lalaban gratis. Yah, lain lubuk lain belalang memang. Tiap resto punya aturannya masing-masing.

Siapa yang tertarik mencoba masakan Sunda? Silakan coba sendiri restoran Bakul Daun ini.

Petunjuk Arah Menuju Bakul Daun di Bandung :
Jl. Terusan Buah Batu No.195, Bandung

No Replies to "Pepes Khas Sunda Ala Bakul Daun"

    Leave a reply

    Your email address will not be published.