Resep Bunda Catering Wedding di Bandung : Layanan Super!

Kali ini, saya pengen cerita bagaimana Resep Bunda Catering bisa dibangun. Resep Bunda Catering dibangun pada tahun 2010 di Bandung. Kira-kira 7 tahun lalu saat tulisan ini dibuat. Ide dasar Resep Bunda Catering adalah mengkampanyekan makanan sehat sebagai sebuah gaya hidup. Prediksi kami adalah pasar makanan cepat saji yang memang kurang sehat akan terus turun karena orang makin sadar akan pentingnya kesehatan. Dan memang terbukti, restoran cepat saji dalam skala global mengalami penurunan omzet. Resep Bunda Catering dibuat atas idealisme makanan sehat itu. Jadi, kami tidak sekedar mencari profit, melainkan memberikan benefit bagi masyarakat.

Dengan ide dasar itu, lalu kami memilih model bisnis yang hendak kami kembangkan. Awalnya, yang ingin dibangun adalah restoran. Sayangnya, untuk bikin restoran, kami kepentok urusan modal. Bikin restoran itu butuh lokasi yang strategis agar sukses. Kebanyakan lokasi mesti disewa untuk beberapa tahun. Jadi, belum jalan saja mungkin butuh dana ratusan juta. Setelah bepikir panjang, akhirnya diambil keputusan untuk membangun catering saja. Nama cateringnya dipilih Resep Bunda, ini murni terinspirasi oleh masakan Ibu Mertua saya, yang kata istri saya, tidak menggunakan MSG. Tapi makanannya tetap enak. Dan emang sepanjang yang saya rasakan kalau pulang kampung ke tempat istri saya…makanannya enak-enak (nambah 1-2 kg kalau pulang kampung hehehe).

Lalu kami mencari pasar yang kurang lebih sesuai dengan ide dasar kami. Kami pun kemudian memilih pasar catering harian dengan target catering diet dan pasar catering sehat untuk daerah Bandung ini. Pasar catering diet dipilih karena mereka telah memiliki kebutuhan khusus akan makanan sehat dengan berbagai alasan. Misalnya saja, catering khusus untuk penyakit tertentu. Misalnya diabetes, asam urat, kolesterol, penyakit jantung, dan lainnya. Selain itu, kami juga memberikan catering diet untuk orang-orang yang hendak menurunkan berat badan. Untuk catering sehat, Resep Bunda Catering menawarkan catering untuk individu ataupun untuk keluarga. Pasar catering sehat ini diperuntukkan untuk orang-orang yang sudah sehat dan ingin menjaga kesehatannya dan keluarganya.

Kami memilih berada di makanan sehat ini karena tahu pasti betapa banyak makanan berbahaya di sekitar kita. Cerita tentang gorengan yang dimasak dengan plastik, tentang ayam yang diawetkan dengan borax, tentang saus bakso yang diberi pewarna….itu semua benar adanya. Saya sendiri pernah turun ke pasar dan melihat ayam yang ditaburi borax oleh pedagangnya. Itu sebabnya kami memilih supplier dengan sangat hati-hati. Untuk ayam misalnya, kami memilih supplier yang menggunakan rantai dingin dalam pengiriman. Supplier yang kami pilih berasal dari Cianjur dan pada tiap pengiriman, dia menggunakan mobil box yang berfungsi sebagai pendingin. Jika supplier telah menggunakan rantai dingin dengan baik, maka tentunya dia tidak perlu menggunakan borax. Borax itu sebenarnya berfungsi sebagai pengawet kan?
 

Memulai Catering Sehat di Bandung

Memulai bisnis catering harian sehat begini ternyata bukan perkara gampang. Banyak orang yang memulai usaha seperti kami berpikir bahwa kalau makanan sudah sehat, tentu customer akan memilih yang sehat. Kenyataannya tidak. Makanan yang sehat bisa jadi memiliki taste lebih light ketimbang makanan yang tidak sehat. Contohnya saja bikin ayam goreng. Ayam goreng yang berada di pinggir jalan itu kadang rasanya lebih enak ketimbang ayam goreng pada umumnya. Kenapa? Karena penggunaan minyak jelantah yang pekat itu membuat rasa lebih gurih. Padahal kita tahu semua bahwa minyak jelantah yang sudah sangat hitam itu bisa menjadi penyebab kanker. Tapi begitulah selera customer. Terkadang, orang ingin makanannya tetap dalam standar kesehatan yang tinggi, tapi rasanya bisa strong sekali. Itu sebabnya, kami berusaha mencari subtitusi bahan yang tepat atau menambah jumlah bumbu agar rasanya lebih maknyus.

Belum lagi melayani catering diet. Ini punya tantangan tersendiri. Untuk catering diet bagi para penderita penyakit, tantangannya adalah bagaimana bisa memenuhi ekspektasi customer. Kebanyakan dari mereka masih menginginkan yang enak padahal khusus untuk customer diet rehabilitasi penyakit, rasanya bisa sangat light. Ini disebabkan banyak pembatasan dalam bahan makanan yang bisa digunakan. Contoh saja, makanan untuk catering penyakit komplikasi (asam urat – diabetes – kolesterol), itu benar-benar harus dipilih bahan makanan yang bisa dipakai. Asam urat punya pembatasan misalnya tidak boleh sayuran hijau, tahu dan tempe. Sementara diabetes tidak boleh gula yang berlebihan dengan takaran nasi putih yang tidak terlalu banyak. Sedangkan kolesterol tidak boleh makanan berlemak. Jika penderita kolesterol disajikan menu ayam, maka bagian kulitnya tidak boleh ada. Tantangan-tantangan seperti inilah yang tidak semua orang siap. Terkadang, meskipun seorang pasien sudah sadar betul penyakitnya, tetap saja yang diinginkan adalah makanan berlemak yang gurih. Kalau sudah seperti ini, dukungan dari keluarga pasien sangatlah dibutuhkan.

Karena diperlukan keahlian khusus untuk meramu makanan yang enak dan dengan pembatasan yang ketat terhadap bahan makanan, maka Resep Bunda Catering merekruit ahli gizi dan para ahli masak yang punya kemampuan selayaknya chef. Ahli gizi memiliki tugas untuk menentukan menu yang sesuai dengan kebutuhan catering diet dan catering sehat. Untuk catering diet, pemilihan menu ini bisa dibuat secara personal berdasarkan kebutuhan dietnya. Sedangkan untuk catering sehat, ahli gizi cukup membuat menu yang enak dan bisa dimasak sekaligus dalam jumlah banyak. Jika siklus menu sudah dibuat, maka koki dari Resep Bunda Catering bertugas membuat makanan yang enak sesuai dengan petunjuk dari siklus menu yang ada. Karena kami mengganti siklus menu secara berkala, maka koleksi menu kami sangatlah beragam.

Menu Catering Sehat Resep Bunda Catering di Bandung

 

Catering Wedding di Bandung – Perjalanan Cerita

Dalam perjalanannya, Resep Bunda Catering mulai menerima catering untuk event-event khusus. Sekitar tahun 2011, mulai ada pesanan catering nasi box. Pesanan catering nasi dus mulai berdatangan, baik dari customer harian kami untuk acara-acara yang mereka selenggarakan maupun dari orang luar yang mengetahui kami lewat orang lain. Awalnya, kami deg-degan juga menerima catering nasi kotak ini, tapi kami melihat ini sebagai peluang untuk mengembangkan pasar sekaligus mensosialisasikan makanan sehat ala Resep Bunda Catering. Lalu setelah itu mulai ada pesanan catering nasi tumpeng dan snack box. Setelah pesanan catering untuk event ini mulai berdatangan, kami akhirnya memutuskan untuk terjun langsung ke dunia catering event.

Kami memberanikan diri masuk ke catering prasmanan. Catering prasmanan ini tidak mudah dimasuki seperti catering event lainnya karena membutuhkan peralatan untuk penyajian seperti meja catering, roll top, alat makan, dan berbagai dekorasi untuk mempercantik suasana. Selain itu, dibutuhkan tenaga waiter selama acara berlangsung. Kami belajar terus untuk meningkatkan kemampuan kami dalam meng-handle catering prasmanan ini. Berbagai menu baru kemudian diluncurkan, demikian juga dengan peralatan-peralatan baru yang dipakai. Awalnya, kami menggunakan chafing dish sebagai tempat menyajikan makanan. Namun, alat ini kurang cantik di mata. Lalu kami mulai membeli roll top yang harganya bisa berkali-kali lipat dibandingkan chafing dish. begitu juga dengan tenaga waiternya. Kami briefing secara berkala tentang bagaimana memberikan pelayanan yang baik kepada customer.

Catering Prasmanan Bandung Murah dan Enak

 
Alhamdulillah, catering event yang kami jalani memberikan progress yang luar biasa. Resep Bunda Catering menjadi lebih dikenal sebagai penyedia catering event, bukan lagi sebagai catering harian. Walau demikian, kami tetap mengedepankan idealisme kami dalam memberikan makanan sehat. Standar kesehatan dalam makanan kami tentukan dengan baik. Misalnya saja, penjamah makanan harus menggunakan handgloves agar kontaminasi bakteri dari tangan tidak terjadi. Dan itu sudah kami set sejak awal ketika kami meluncurkan paket catering prasmanan di 2012.

Lalu, setelah bertahun-tahun menjalani catering harian dan event, kami mulai berpikir, kenapa tidak kami sekalian menjalankan catering wedding? Catering wedding ini memang sangat rumit dibandingkan catering harian maupun catering event. Pada awalnya, saya mengira kalau ekspektasi customer terhadap wedding itu adalah agar wedding dijalankan dengan baik. Ternyata salah! Customer berharap agar wedding dilaksanakan dengan sempurna. Padahal, kerumitan wedding adalah pada koordinasi acara dan pemrosesan makanan dalam skala besar yang dimakan hanya dalam satu waktu.

Koordinasi acara yang sifatnya eksternal menyangkut berbagai vendor dalam wedding seperti dekorasi, wedding organizer, pengelola gedung, dan lainnya. Selain itu, koordinasi dengan customer sangatlah penting. Kami harus tahu berapa jumlah tamu yang diperkirakan datang. Apakah makanan akan cukup atau tidak. Jam berapa makanan akan ditutup. Siapa yang bertugas di panitia wedding sebagai seksi konsumsi. Siapa yang akan mencicip makanan saat acara berjalan. Dan masih banyak hal koordinasi lainnya yang diperlukan. Koordinasi ini penting untuk mencegah miskomunikasi yang terjadi di kemudian hari.

Selain itu, tantangannya adalah memasak makanan dalam jumlah besar. Masakan dalam jumlah besar diperlukan persiapan yang lama. Mulai dari memotong bahan, menyiapkan bumbu, memasak bahan setengah jadi, memasak bahan sampai jadi, sampai kepada pengepakan. Setelah melalui evaluasi berkali-kali, Resep Bunda Catering menerapkan sistem pemasakan di tempat. Masakan-masakan utama kami masak di tempat untuk memastikan kesegaran makanan dan mencegah terjadinya makanan basi. Dengan proses seperti itulah, masakan bisa terjamin kesegarannya. Memang, ini lebih rumit dan memakan waktu lebih lama ketimbang memasak di kitchen.

Setelah melalui berbagai tantangan, Resep Bunda Catering pun menemukan format yang pas dalam menjalankan catering wedding. Misalnya, untuk sampai saat ini, karena kerumitan pengelolaan wedding, Resep Bunda Catering hanya mau menerima 2 wedding dalam sehari. Tidak lebih. Jika ada pesanan wedding lebih dari dua, maka akan kami tolak pesanannya. Kami juga telah memiliki SOP (Standard Operational Procedure) khusus untuk wedding yang dimulai sebelum wedding, saat wedding, dan setelah wedding dilangsungkan.

Pelaminan Resep Bunda Catering Wedding di Bandung

 

Stall Resep Bunda Catering Wedding di Bandung

 
Alhamdulillah, banyak customer kami puas terhadap pengelolaan wedding ala Resep Bunda. Salah satu yang sering diapresiasi adalah rasa makanan yang segar dan juga kebersihan saat acara. Berbagai testimoni kami arsipkan dalam bentuk video. Salah satu contoh video testimoninya bisa dilihat di bawah ini.

 

Harga Catering Wedding di Daerah Bandung

Saya kadang diskusi dengan istri saya tentang catering wedding ini. Salah satunya menyangkut harga. Saya utarakan ke istri kalau sayamasih ingin berada di pasar menengah saja. Harga kita buat terjangkau saja. Tidak usah terlalu mahal. Toh dalam benak saya, sebuah wedding itu yang penting adalah makna ibadahnya. Rasanya kalau membuat paket terlalu mahal, kok kasihan dengan pengantin yang dananya pas-pasan tapi pengen memberikan sajian ke tamu undangan yang terbaik. Apalagi banyak pengantin muda yang memang belum mapan hidupnya. Setelah dipikir-pikir, akhirnya kami memutuskan harga yang tergolong murah. 1000 porsi wedding harganya bisa hanya 37.5 juta saja. Itu lengkap dengan 2 makanan hewani utama, 2 sayur, 3 stall, dan 3 dessert. Lengkapnya bisa dilihat di halaman Wedding Resep Bunda Catering

Dan kami ingin terbuka kepada calon customer tentang siapa kami, apa yang kami sajikan, bagaimana kami menyajikan, dan harga catering. Itu sebabnya kami cantumkan tentang detail harga di website kami. Alhamdulillah, banyak customer yang merasa dimudahkan dengan keterbukaan harga kami. Salah satu contohnya adalah Teh Ayu yang menuliskan pengalamannya di Blog Ayu Welirang. Teh Ayu menceritakan bagaimana proses dia memilih Resep Bunda Catering dan bagaimana penyajian makanan selama acara.

Buffet Resep Bunda Catering Wedding di Bandung

 
Dalam agama, memang memuliakan tamu itu adalah sebuah kewajiban. Itu sebabnya Resep Bunda Catering berusaha keras agar penyajian makanan dan pengelolaan acara dilakukan dengan cara yang terbaik. Setiap acara yang kami langsungkan selalu dihadiri oleh seorang Customer Service yang bertugas mendampingi klien, seorang kepala kitchen untuk memastikan makanan dimasak dengan cara yang baik, dan juga seorang kepala service yang bertanggung jawab untuk pengelolaan acara. Dan dalam acara wedding, hampir selalu saya dan istri hadir di wedding untuk memastikan acara dilaksanakan dengan baik. Beberapa orang sangat mengapresiasi pengelolaan wedding kami dan menuliskannya di blog seperti tulisan Teh Nena dan Teh Serty

Jika Anda penasaran tentang Resep Bunda Catering, bisa langsung kontak nomor yang tersedia di websitenya. Ok?
 
Website : Resep Bunda Catering
Petunjuk Arah Menuju Resep Bunda Catering di Bandung :
Komplek Bumi Mas Kencana, Jalan Bumi Mas Kencana 1 no 5, Bandung

No Replies to "Resep Bunda Catering Wedding di Bandung : Layanan Super!"

    Leave a reply

    Your email address will not be published.