Sambal Hejo Unik Ala Sambal Cibiuk

Restoran Cibiuk mungkin sudah tidak asing lagi bagi penggemar masakan Sunda. Dengan cabangnya yang ada di mana-mana, para penyuka Masakan Sunda tentu dengan mudah menemukannya. Restoran ini awalnya didirikan di daerah Cibiuk yang berada di Limbangan, Garut. Lokasi Limbangan memang lokasi yang cukup strategis karena menghubungkan jalur selatan di Pulau Jawa dan biasanya dilewati dari arah Bandung ke Tasik. Awalnya, restoran ini hanyalah warung kecil yang didirikan pada tahun 1999. Luar biasa, sekarang sudah berkembang menjadi berbagai cabang dengan lokasi yang menarik dan strategis.

Kebetulan, siang itu saya ada keperluan ke daerah Alun-alun. Saya dan istri mengendarai mobil dari arah Metro Soekarno Hatta. Jam sudah menunjukkan pukul 13.00. Agak telat buat makan siang sebenarnya. Dalam perjalanan, kami mikir buat mampir makan di sana. Saya inget waktu itu pernah coba makan di Cibiuk ini dan cocok rasanya. Waktu itu yang kami suka banget adalah aneka sambal ala Cibiuk. Salah satu menu yang sangat berkesan adalah sambal jambal roti-nya. Istri saya memang suka sekali makan ikan asin. Nah, kalau di jawa ada sambal klotok yang super maknyus. Di Jawa Barat ini, ikan asin yang terkenal salah satunya adalah jambal roti. Rasanya ikan asinnya memang lembut sekali. Harga ikan asin jenis ini juga sangat mahal. Saking mahalnya, bahkan tulangnya saja laku buat dijual.

Setelah merapat ke parkiran, kami pun langsung masuk ke restoran. Biasanya kami duduk di meja, tapi karena ini hanya berdua dan tidak bawa Zalfa, maka kami memilih duduk di tempat lesehan. Asiknya di ruangan lesehan itu ada colokan buat handphone. Penting itu! HP smartphone jaman sekarang memang boros batere. Kalau ke restoran, salah satu yang saya cari duluan biasanya adalah colokan. Di ruangan belakang ini juga suasananya sejuk dan asri. Dengan saung-saung tradisional khas Sunda, membuat atmosfer ruangan jadi adem. Apalagi ada kolam ikan. Coba kalau bawa Zalfa, pasti dia heboh lihat ikan. Di tengah kolam juga ada saung utama yang bisa kita gunakan untuk tempat makan. Asyik kan?

Review Restoran Cibiuk Khas Masakan Sunda di Bandung

 
Waiter dengan sigap mendatangi kami dan memperlihatkan menu yang dapat kami pilih. Ahhhh, sayang sekali menu favorit kami, sambal jambal roti sudah dihapus dari menu. Padahal itu salah satu menu yang paling kami suka. Tapi tak mengapa, masih banyak menu sunda lain yang bisa dipilih untuk makan siang ini. Karena kami agak buru-buru, kami pilih menu yang kami tahu saja. Saya pesan paket nasi tutug oncom, sedangkan istri saya pesan paket nasi timbel. Saya lagi pengen makan nasi tutug oncom yang Sunda banget. Oncom adalah makanan dari kedelai sejenis tempe yang banyak diminati di Jawa Barat. Salah satu bumbu yang khas dipakai adalah kencur. Warna nasi tutug oncom biasanya kecoklatan. Rasanya joss mantap! Untuk pelengkapnya, kami pesan juice sebagai minumannya.

Review Restoran Cibiuk Khas Masakan Sunda di Bandung

 
Tak lama kemudian, makanan pun datang. Paket nasi ini sudah termasuk sambal andalan resto ini yaitu sambal Cibiuk. Sambal Cibiuk ini adalah sambal hijau yang rasanya menggabungkan rasa pedas, asam, dan manis. Bahan-bahan utamanya selain cabe adalah tomat hijau yang memberikan rasa asam. Dan juga gula merah yang menimbulkan rasa gurih dan manis. Di dalam sambal Cibiuk ini juga ada bumbu khas Sunda yaitu kencur. Tak lupa juga ada lalaban khas Sunda yaitu kemangi. Bau kemangi yang segar memang memberikan nuansa rasa yang khas. Sambal Cibiuk ini disajikan dalam cobek khusus yang membuat suasana tradisional makin terasa.

Review Restoran Cibiuk Khas Masakan Sunda di Bandung

 
Asyiknya lagi di sini, kita bisa menambah aneka sambal yang tersedia di ruangan tengah. Ada banyak sambal yang bisa kita pilih di sini. Waktu itu, saya pilih sambal terasi dan juga sambal mangga muda favorit istri saya. Di area ini, kita juga bisa menambahkan lalaban yang dikemas secara khusus. Lalaban ini beda dari lalaban umumnya. Saya dan istri saya termasuk yang suka lalaban yang dikukus terutama menu labu siam. Rasanya manis, lembut, dan berair. Pas banget buat lalaban. Walaupun sambalnya gratis, lalaban yang dikukus ini berbayar.

Satu paket nasi di sini harganya berkisar 35.000 – 40.000. Restoran ini memang termasuk restoran kelas menengah atas yang segmen pasarnya cukup tinggi. Memang, kalau lokasi bagus, biasanya harganya juga sedikit lebih tinggi. Wajar kan? Apalagi di sini suasananya elegan banget. Kalau mau meeting atau pelatihan kecil, juga ada ruangan khusus yang bisa kita pakai. Asik banget pokoknya. Untuk penyuka masakan Sunda, restoran Cibiuk ini adalah salah satu restoran yang harus Anda kunjungi.

Website : Restoran Cibiuk Bandung
Petunjuk Arah Menuju Lokasi Restoran Cibiuk di Bandung :
Jl. Soekarno Hatta No.508, Batununggal, Bandung

No Replies to "Sambal Hejo Unik Ala Sambal Cibiuk"

    Leave a reply

    Your email address will not be published.