Restoran Spesial Garang Asem Dengan Menu Jawa di Kediri

Ketika pulang kampung ke rumah istri awal tahun ini, nggak sengaja menemukan ada restoran besar yang baru dibuka. Nama restorannya adalah Spesial Garang Asem. Menu Garang Asem adalah salah satu favorit saya karena ini masakan yang berkesan semenjak kecil dulu. Menu Garang Asem adalah menu masakan Jawa. Kalau tidak salah, menu ini merupakan menu khas dari Semarang. Pas ada kesempatan nyoba restoran ini, saya mengajak anak dan istri makan di sana.

Saya lumayan terkesan dengan lokasi restoran yang cukup mewah. Restoran ini tidak berada di pusat kota Kediri, melainkan berada di kota Pare yang merupakan bagian dari kota Kediri. Biasanya, restoran dengan konsep mewah berada di pusat kota. Mungkin karena Pare terkenal dengan kampung inggrisnya dan banyak turis yang datang ke sini, maka lalu lintas pengunjung cukup tinggi di kota ini. Di restoran ini, nampak beberapa meja jati ukuran besar. Cocok buat kalau makan keluarga besar atau ngumpul bareng teman sekantor. Di bagian belakang terdapat kolam yang apik lengkap dengan air terjunnya. Kebun dan halaman belakang juga tertata rapi. Ada juga area untuk bermain untuk anak-anak. Anak saya langsung mencoba ayunan yang tersedia. Di bagian belakang ini kita juga bisa menikmati makanan dengan suasana non formal dengan duduk lesehan.

Review Restoran Spesial Garang Asem di Pare Kediri

 

Review Restoran Spesial Garang Asem di Pare Kediri

 

Review Restoran Spesial Garang Asem di Pare Kediri

 

Sekarang saatnya memesan makanan. Saat membaca daftar menu, saya baru sadar nama restorannya adalah Rumah Makan Bu Eko dengan menu spesial garang asemnya yang jadi menu andalan. Orang sekitar soalnya menyebut restoran ini dengan nama spesial garang asem. Menu garang asem yang disediakan di sini ada berbagai macam. Ada garang asem dari ayam, tuna, atau juga iga sapi. Harganya bervariasi dari 13.000 sampai 23.000. Kali ini saya lagi malas coba-coba dan memilih garang asem dari ayam saja. Untuk anak saya, saya pilihkan menu udang goreng kremes. Khawatirnya, menu garang asemnya pedas rasanya sementara anak saya tidak suka pedas. Untuk minumnya, saya pilih es buah yang cocok menemani suasana panas saat itu.

Review Restoran Spesial Garang Asem di Pare Kediri

 

Review Restoran Spesial Garang Asem di Pare Kediri

 

Seperti umumnya restoran, minumanlah yang datang duluan. Wah pas ini, rasa haus sudah nggak tertahankan. Eee tapi ternyata es buah di sini beda dengan yang saya bayangkan. Kalau es buah di Bandung biasanya berupa berbagai macam buah dengan serutan es dan susu SKM di atasnya, di sini es buahnya berupa berbagai jenis buah ditambah mutiara dan kolang-kaling. Esnya sendiri tidak diserut melainkan berbentuk es batu. Es buah ini juga berisi air yang segar yang ditambahkan sirup.

Review Restoran Spesial Garang Asem di Pare Kediri

 

Selang beberapa waktu, garang asem yang ditunggu-tunggu pun datang. Garang asem ini khasnya adalah dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus sampai empuk. Mirip pepes kalau di Sunda. Bedanya adalah bumbu yang digunakan. Bumbu garang asem biasanya berupa kuah cair dengan rasa asem dan gurih. Rasa asemnya berasal khusus dari belimbing wuluh. Sayangnya, kalau di Bandung, belimbing wuluh ini mau tidak mau diganti dengan bahan lain yang asem seperti tomat ijo karena sulit mendapatkan belimbing wuluh di pasar. Padahal rasa segar belimbing wuluh itu lebih tajam. Ayam yang digunakan di restoran ini untuk menu garang asemnya adalah ayam pejantan kalau tidak ayam kampung. Bentuknya lebih kecil tapi rasanya guruh. Mmmmm, enak juga rasanya. Pedas rasanya dan gurih. Sayangnya, bumbunya sedikit kurang strong menurut saya.

Makanan anak saya pun sudah datang. Kremesan di udangnya lumayan banyak. Menu ini disajikan di atas ulegan dan dilapisi daun pisang. Penyajiannya jadi lebih menarik dan menggoda selera orang yang mau makan. Anak saya pun lahap memakan menu udang goreng kremes ini. Nyammm!

Review Restoran Spesial Garang Asem di Pare Kediri

 

Review Restoran Spesial Garang Asem di Pare Kediri

 

Penasaran kan dengan rasa garang asem ini? Cobain aja mampir ke sini.

Petunjuk Arah Menuju Rumah Makan Bu Eko di Pare Kediri :
Jl. Hoscokroaminoto No.72 A, Tulungrejo, Pare, Kediri

No Replies to "Restoran Spesial Garang Asem Dengan Menu Jawa di Kediri"

    Leave a reply

    Your email address will not be published.