Asyiknya Sate Kambing Muda Menggoda ala Pak Kusno

Sore itu kami bermaksud mengunjungi seorang kawan yang sakit dan dirawat di daerah Cikutra. Ternyata sampai tempat sudah maghrib. Duh, perut lapar banget nih. Apalagi ga ada makanan di rumah. Pas menuju ke arah Cikutra, tiba-tiba lihat warung sate yang sudah lama ingin saya coba. Sate kambing muda ala tegal ini baunya sangat menggoda. Marketing sederhana buat makanan yang berbau tajam begini adalah membuat asapnya tercium kemana-mana. Pasti orang ingin nyoba…Hummmm.

Sate ini memang makanan khas Indonesia yang sudah mendunia. Pernah istri saya ketemu chef di kapal saat ekspedisi dulu. Kata chef tersebut, dia kangen masakan Indonesia. Terutama menu daging yang pakai kacang dan dipanggang. “Sate ya”, kata istri saya. “Benaaar”, jawab chef tersebut. Kita patut bangga banyak menu Indonesia yang jadi favorit orang-orang di dunia ini. Rendang ala padang juga jadi makanan favorit di dunia no. 1 versi CNN.

Sampai lokasi tempat kawan dirawat, saya bilang ke istri, “Saya beli sate dulu aja. Nanti kita bungkus”. Istri sih senang-senang saja karena dia juga lagi pengen makanan yang berlemak. Sampai ke tempat satenya ternyata ngantri banget. Banyak yang beli sate ini, mungkin terhasut dengan asapnya yang wangi kayak saya juga. Hehehe. Warungnya sih kecil. Seadanya banget bangku dan mejanya. Tapi namanya dunia kuliner, nggak peduli di gang sempit, kalau enak ya pasti ada yang nyari aja.

Saya lalu pesen sate untuk 2 porsi. 1 tusuk harganya 3.000. Tapi ukurannya gedhe-gedhe banget. Habis nggak ya pikir saya. Karena khawatir nggak habis, saya pesan 1 porsi isi 8 tusuk saja. Orderan pun dibuat…eh tapi menunggunya lumayan lama. Bikin sate memang ga bisa diburu-buru. Kalau diburu-buru, nanti matangnya tidak sempurna. Ah harus sabar nih, soalnya ada 5 orang lebih yang sudah pesan duluan.

Review Sate kambing Muda Pak Kusno di Bandung

 
30 menit-an akhirnya sate pesanan saya datang. Wuihh mantep bau satenya. Nggak prengus. Nggak semua orang suka bau prengus kambing. Jujur, kalau saya malah suka bau prengus itu. Tapi istri nggak suka. Dan kebanyakan orang memang nggak suka. Menghilangkan bau prengus itu konon katanya butuh trik tersendiri. Kalau yang dipotong domba, prengusnya biasanya lebih kuat.

Saya penasaran banget gimana rasa satenya. Saya coba di mobil 2 tusuk satenya. Wuiiih enak banget dan lembut. Memang, kalau bahan satenya dari kambing muda, rasanya lebih joss mantappp! Jadi pengen cepet-cepet pulang buat makan sate. Setelah menjenguk kawan, makanan pun kami bawa pulang. Di mobil, bau sate ini menggoda banget. Sayang, karena kami lama di luar, sate ini tidak sehangat di awal. Jadinya nggak selembut pas pertama kali dimakan. Tapi memang lezat rasa satenya. Mantap dah. Saking besarnya ukuran sate ini, bahkan 8 tusuk satu porsi pun udah banyak banget. Kami simpan saja sebagian buat keesokan harinya.

Review Sate kambing Muda Pak Kusno di Bandung

 
Buat yang hobi makan sate, warung sate ini layak dicoba.

Petunjuk Arah Menuju Lokasi Sate Pak Kusno di Bandung :
Jl. P.H.H Mustofa, Cikutra, Bandung (Sebelum perempatan Cikutra dari arah Cicaheum kiri jalan )

No Replies to "Asyiknya Sate Kambing Muda Menggoda ala Pak Kusno"

    Leave a reply

    Your email address will not be published.