Tentang Catatan Rasa

Catatan Rasa saya buat sebagai penyaluran hobi menulis dan makanan. Ide dasar blog Catatan Rasa ini bukanlah sekedar cerita tentang makanan yang enak, melainkan mencari tahu lebih dalam bagaimana sebuah masakan mungkin dibuat. Saya selalu penasaran dengan spektrum rasa sebuah makanan. Seperti kita tahu, indra perasa kita mengenali berbagai jenis rasa yang kita kelompokkan sebagai rasa manis, asam, asin, pahit, gurih, dan juga pedas. Sebuah makanan memiliki spektrum rasa yang terdiri dari kombinasi sebagian/semua rasa itu. Catatan Rasa berusaha mendokumentasikan bagaimana keunikan rasa yang ditonjolkan di sebuah restoran. Contohnya, di sebuah restoran Ikan Bakar saya menemui rasa yang asing awalnya. Setelah kami ulik lebih jauh, mungkin saja restoran itu menggunakan bumbu Andaliman yang memberikan rasa asam jeruk yang lembut tapi menggigit.

Dalam membuat reportase sebuah restoran, saya hanya mengandalkan kamera handphone saya. Biasanya, untuk mendokumentasikan makanan saya lebih suka menggunakan kamera DSLR dan lampu studio. Hanya saja, bawa-bawa kamera ke tempat makan itu rasanya repot sekali. Sudah gitu, kalau kita hanya datang sebagai tamu biasa, kesannya kok heboh banget motretnya pakai kamera. Mohon dimaafkan kalau hasil fotografinya kurang ‘cling‘. Walau demikian, kalau ada usaha kuliner yang tertarik diliput, saya akan menggunakan kamera DSLR lengkap dengan alat pencahayaan untuk menghasilkan gambar terbaik. Ini nantinya bisa dipakai sebagai media marketing juga.

Jika ada yang ingin mengundang kami untuk melakukan peliputan secara profesional bisa menghubungi saya melalui email di rulipribadi@gmail.com